Larutan

Pada bab larutan kali ini akan dijelaskan pengertian dan macam-macam larutan. Tanpa sadarpun setiap hari kita membuat larutan sederhana, misalnya ketika kita membuat teh manis, terlebih dahulu kita memasukan gula denghan di campur air, kemudian di aduk-aduk, nah, air akan terasa manis karena adanya gula yang terlarut dalam air. Air disebut sebagai pelarut sedangkan gula sebagai zat yang dilarutkan. Dengan demikian pengertian larutan adalah hasil yang diperoleh setelah melarutkan bahan terlarut di dalam bahan pelarut, misalnya larutan garam (umumnya disebut air garam) terbentuk bila garam dapur dilarutkan dalam air. Bila tidak disebutkan nama bahan pelarutnya, larutan dalam hal ini selalu terbentuk dari bahan pelarut air. Sedangkan melarutkan adalah suatu kegiatan membuat larut suatu zat padat atau gas dalam bentuk cairan, misalnya melarutkan garam dapur dalam air. Berikut contoh gambar garam yang dilarutkan kedalam air dingin.

larutan garam

larutan garam

Zat – zat murni atau senyawa yang dapat menghantarakan listrik disebut zat atau senyawa elektrolit. Semua senyawa yang mengandung ion – ion dalam larutannya bersifat elektrolit. Berdasarkan daya hantar listriknya, larutan dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Larutan elektrolit dapat menghantarkan listrik, sedangkan larutan non elektrolit tidak. Zat – zat non elektrolit berada dalam bentuk molekul di larutannya. Larutan elektrolit berdasarkan kekuatan daya hantarnya dikelompokkan menjadi elektrolit kuat dan elektrolit lemah.

berikut ini adalah contoh dari larutan elektrolit kuat.

larutan elektrolit kuat

larutan elektrolit kuat

Larutan elektrolit adalah larutan yang dapat memberikan lampu terang dan timbul gelembung gas. Pada larutan elektrolit kuat, seluruh molekulnya terurai menjadi ion-ion (terionisasi sempurna). Karena banyak ion yang dapat menghantarkan arus listrik, maka daya hantarnya kuat. pada persamaan reaksi, ionisasi elektrolit kuat

ditandai dengan anak panah satu arah ke kanan.

Contoh :
NaCl(s) → Na+ (aq) +  Cl- (aq)

Pada gambar diatas terlihat ada arus listrik yang kuat, ketika penghantar di masukan ke dalam larutan, larutan terlihat kuat ketika lampu menyala sangat terang.

Agar lebih jelasnya saksikan video tentang larutan di bawah ini:

Baca selengkapnya tentang larutan

larutan selengkapnya.ppt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: